7 Negara Terpelajar Bagi Kamu Yang Belum Mahir Bahasa Inggris

7 Negara Terpelajar Bagi Kamu Yang Belum Mahir Bahasa Inggris

mahir bahasa inggrisAda kemauan belajar atau kuliah ke luar negeri, tapi engga mahir dalam berbahasa inggris. Tidak perlu risau di beberapa negara, bahasa inggris tidak dijadikan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar utama. Jadi jangan patah semangat karena zero dalam berbahasa inggris apalagi mengingat nilai TOEFL/IELTS. Ada beberapa negara yang tidak mementingkan kamu mahir dalam berbahasa inggris dan apalagi urusan TOEFL/IELTS sebagai berikut :

  • Malaysia

Sebagai negara tetangga kita yang kini semakin hari justru mendapat pengkuan di skala internasional untuk perihal mutu pendidikan tinggi. Namun kamu harus rajin-rajin mencari tahu persyaratan menempuh pendidikan di setiap universitas dan program studi di Malaysia karena terdapat perbedaan. Namun ada setidaknya kamu bisa memilih prodi Culinary dan Perhotelan & Pariwisata di Sunway Uneiversity, Taylor’s University dan Limkokwing University karena di universitas ini tidak mengharuskan siswanya mahir berbahasa inggris atau memiliki sertifikat TOEFL dan IELTS, hanya menimbang dari nilai bahasa inggris diantaran 7 sampai 8 agar dinyatakan lulus tes di universitas terkait.

  • Korea Selatan

Edukasi di negara gingseng ini tidak membutuhkan sertifikat TOEFL & IELTS namun sebagai gantinya, kamu harus memiliki sertifikat TOPIK. Ada beberapa nilai TOPIK yang perlu di capai, sebagai informasi beberapa persyaratan untuk mendaftar beasiswa ke Korea pastikan kamu tidak melebihi umur 25 tahun untuk beasiswa S1 dan usia 40 tahun untuk S2/S3. Dan persyaratan berikutnya adalah nilai IPK kamu minimal adalah 3.0

  • Tiongkok

Di negara lainnya seperti halnya Tiongkok juga tidak membutuhkan nilai TOEFL dan IELTS sebagai syarat utama mendaftar ke universitas disana. Walaupun di negara ini tidak membutuhkan nilai TOEFL dan IELTS namun kamu harus mengikut sertakan sertifikat HSK. Apa itu HSK?, HSK kepanjangan dari Hanyu Shuiping Koshi yang berarti sebagai gantinya jika kamu tidak pernah mencicipi kursus bahasa inggris maka kamu harus memiliki sertifikat HSK sebagai bukti bahwa kamu mahir berbahasa mandarin, mengingat disana memang menghormati bahasa yang sudah menjadi tradisi sejak dahulu dan mengesampingkan bahasa-bahasa lainnya. Atau buat kamu yang tidak memiliki sertifikat HSK kamu tetap bisa mengikuti perkuliahan di Tiongkok hanya dengan mengikuti kelas tambahan kurang lebih 1 tahun di kelas bahasa mandarin.

  • Perancis

Di negara ini juga memiliki standar teresendiri sebagai syarat untuk mendaftar perguruan tinggi disana yaitu kamu harus memiliki sertifikat DELF. Mempelajari bahasa Prancis juga menjadi asset yang berharga kelak karena bahasa ini telah masuk menjadi 5 bahasa yang berpengaruh di skala internasional. Selain kursus online yang banyak tersebar saat ini, kamu juga bisa mencari informasi di pusat kebudayaan Prancis (IFI) di Bandung.

  • Jerman

Di Jerman memang sudah menjadi hal yang biasa di setiap perguruan tinggi disana karena mereka penyampaiannya menggunakan bahasa ibu mereka yaitu bahasa jerman, kecuali jika kamu mendaftar untuk program kuliah bahasa inggris. Jika kamu menuntut ilmu di negara ini kamu tidak perlu mengkhawatirkan tentang ujia TOEFL dan IELTS, cukup pahami bahasa inggris untuk percakapaan sehari-hari karena bahasa ke-2 yang mereka gunakan adalah bahasa inggris.

  • Rusia

Jika kamu ingin menuntut ilmu di negara bersalju satu ini, kamu tidak harus mahir berbahasa inggris dan juga bahasa rusia, karena kamu pada awal pembelajaran semua mahasiswa wajib ikut serta mengikuti kelas bahasa terlebih dahulu. Rusia juga tidak segan-segan memberikan beberapa beasiswa bagi murid internasional yang memiliki IPK diatas 3.2.

  • Turki

Jika kamu tertarik mendaftar universitas di Turki, hal pertama yang kamu lakukan harus lolos tes YOS. Kisi-kisi atau materi yang dipakai adalah matematika dan tes IQ. Jika dinyatakan lulus pada tes ini kamu tidak perlu repot-repot memikirakan tes TOEFL karena tidak dibutuhkan, cukup dengan tingkat mahir berbahasa inggris saja untuk berkomunikasi sehari-hari. Kamu nantinya juga nanti diwajibkan melengkapi dokumen-dokumen yang perguruan tinggi minta dan dokumen ini nantinya akan di terjemahkan ke bahasa inggris oleh penerjemah disana yang sudah memiliki persyaratan khusus dan di legalisir oleh pihak tersebut.

Pertukaran Pelajar Demi Mendukung Kemampuan Bahasa Inggris

Pertukaran pelajar atau tidak asing terbiasa disebut exchange program memiliki suatu tujuan agar pelajar bisa merasakan bagaimana menuntut ilmu di luar negeri. Ada beberapa atau bahkan banyak pilihan program exchange yang dapat diambil oleh pelajar SMA maupun perguruan tinggi di semester awal. Untuk mempersiapkan itu kamu harus menjadi salah satu kandidat terpilih dalam hal ini kamu harus menguasai bahasa inggris untuk komunikasi atau percakapan sehari-hari atau kamu pernah memiliki pengalaman kursus bahasa inggris.

Ada juga orang yang beranggapan bahwa nantinya para pelajarlah yang dirugikan karena mengganggu  konsentrasi belajar di studi terkait padahal dalam kasus ini program exchange memiliki dampak yang sangat baik untuk pembelajaran siswa tersebut bahkan menunjang studi literature untuk mahasiswa kedepannya. Kesempatan ini merupakan kesempatan emas untuk mahasiswa untuk jumlah sks di universitas dalam negerinya diakumulasikan dengan sks yang dia tempuh di luar negeri, jadi berdampak positif bagi mahasiswa karena mendapatkan piagam atau sertifikat bahwa telah lulus dalam program exchange di universitas tersebut.

Dalam kasus pelajar SMA proram exchange di Indonesia tidak disetiap SMA memberikan fasilitas tersebut mungkin hanya di beberapa SMA bonafide yang memfasilitasi program tersebut. ada beberapa instansi mengatakan pengalaman baru akan sangat dibutuhkan untuk siswa teladan di instansi agar cara berfikir siswa semakin meningkat.

Jangan pernah ragu jika suatu saat kamu mendapat kesempatan ini, di program exchange memiliki banyak sekali benefit-benefit yang bisa kamu manfaatkan untuk jalur studi kamu kedepannya karena kesempatan ini biasanya hanya didapat ketika kamu menempuh jalur studi di sekolah atau perguruan tinggi internasional yang menggunakan bahasa inggris di llingkungan kampus atau sekolah, tentu kamu harus mahir dalam berbahasa inggris dengan lancar, baik dalam pengucapan dan dalam pendengaran atau pemahaman. Kami talkativecentre memiliki program Speaking yang bagus untuk melatih bahasa inggris kamu secara spontan dan improvisasi dengan bekal yang bisa dibilang minim berbahasa inggris sekalipun. Kedua, program writing dalam program ini memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui yakni development, short essay dan research ketiga tahapan ini akan sangat berguna untuk melatih skill writing kamu dalam berbahasa inggris.

Leave a Reply

Close Menu
WhatsApp